Skip to main content

Cara Bilang TIDAK Pada Pengganggu Online

Sebagian besar kita harus menghabiskan waktu online hanya untuk berurusan dengan penghinaan dan perilaku kasar dari orang lain (baca: pengecut) yang bersembunyi di balik anonimitas keyboard mereka.

Mudah mengatakan: saya tidak mau diganggu, namun kita juga manusia biasa yang akan marah bila terus menerus diganggu dan dihina apalagi bila mereka mulai masuk ke ranah yang sifatnya pribadi. Ambil napas dalam-dalam, dan berjiwa besarlah dengan mencoba tips berikut:
  1. Ketahuilah bahwa penghinaan biasanya berasal dari orang-orang yang memiliki masalah dengan harga diri mereka sendiri. Entah apa mereka merendahkan orang lain untuk membuat diri mereka merasa lebih baik, atau perasaan pribadi mereka yang merasa selalu diserang. Sifat defensif mereka menyebabkan mereka untuk menyerang lebih dulu, seringkali disengaja untuk melindungi ego mereka sendiri yang rapuh.
  2. Jangan terpancing. Benar bahwa ada orang-orang diluar sana yang berkeliaran di internet hanya untuk menghina dan menyakiti orang lain untuk mendapatkan kesenangan pribadi, tidakkah itu "sakit"? Mereka sering juga disebut "troll". Jangan memberi makan troll, mereka ingin reaksi, jangan beri mereka kepuasan karena mengetahui Anda marah karena hinaannya.
  3. Jika penghinaan itu terjadi di forum, jangan kembali ke thread di mana Anda merasa terhina. Cobalah untuk tidak membiarkan rasa penasaran Anda terpenuhi keinginannya, abaikan saja thread itu. Troll akan frustasi sendiri karena tidak akan mendapatkan reaksi marah Anda (yang sangat dia harapkan) dan Anda tidak perlu mengingat penghinaannya dengan membacanya berulang-ulang.
  4. Manfaatkan fitur "abaikan". Jika forum memiliki fitur abaikan, anda bisa menggunakannya. Untuk apa membiarkan beberapa orang, tanpa nama tanpa wajah di ruang cyber memberi energi negatif pada Anda? Hidup Anda baik-baik saja sebelum Anda pernah mendengar tentang mereka, dan akan terus baik-baik saja tanpa mereka. Abaikan dan blok mereka, dan teruskan hari Anda. Biarkan mereka berteriak-teriak frustasi tanpa ada yg peduli, adalah cara terbaik membunuh Troll sejauh ini.
  5. Menjauhlah dari komputer. Istirahat dari dunia online dan habiskan waktu dengan melakukan hal-hal yang penting, akan membuat perasaan dan suasana hati Anda menjadi lebih nyaman. Ingat, siapapun bisa menjadi apa dan siapa saja yang mereka inginkan di internet, tapi siapa ANDA dalam kehidupan nyata adalah jauh lebih penting. Jangan biarkan karakter dunia cyber anda atau orang lain memberikan kontribusi negatif pada kehidupan Anda di dunia nyata.

Comments

Popular posts from this blog

Memblokir Situs Porno Dengan Mikrotik & DNS Nawala

Tutorial ini untuk admin: ISP RT/RWnet, rental internet, yang menggunakan Mikrotik Router dan menguasai pengetahuan mendasar konfigurasi Mikrotik melalui console WinBox . Terimakasih kepada Nawala Project yang menyediakan DNS server gratis guna menyaring konten negatif di internet. Kami tidak akan menerangkannya secara detail, hanya yang pokok-pokok saja. Langsung saja login ke console winbox anda seperti gambar berikut: Ganti DNS server bawaan dari ISP anda lalu masukan IP DNS Nawala, dari Winbox : IP > DNS > Setting : Primary 180.131.144.144 dan Secondary 180.131.145.145

[SALAH] Yakult Dapat Mencegah Kanker Paru-paru

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro) Hal tersebut tidak benar. Yakult merupakan minuman dengan kandungan probiotik yang dapat mencegah perkembangan bakteri jahat dalam usus meningkat. = = = = KATEGORI: misleading content atau konten yang menyesatkan = = = = SUMBER: Instagram: https://bit.ly/3l0BRsu https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/09/SALAH-Yakult-Mencegah-Kanker-Paru-paru.pdf (tautan arsip sumber) = = = = NARASI: “Yakult adalah minuman probiotik. Dėngan minum yakult, artinya anda minum probiotik. Yang dimaksud dėngan probiotik adalah makhluk hidup yang bėrpėran dalam kėsėhatan inangnya. Jėnis probiotik yang diminum dalam yakult adalah L. casėi Shirota strain yang mėrupakan hasil pėnėlitian 80 tahun. Manfaat minum yakult : Minum yakult dapat mėnurunkan risiko tėrjadinya gangguan pėncėrnaan tėrmasuk diarė, konstipasi, dan mėmudahkan anda untuk buang air bėsar. Minum yakult dapat mėnurunkan risiko dalam tėrkėna kėlainan hati (livėr disordėr). Minum

[SALAH] Video "berita viral hari ini ~ DETIK2 JKW MENJEMPUT ADZAB, TAK HANYA LENGSER, KONDISINYA MENGENASKAN"

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro). Faktanya, video tersebut berisi kritik terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo, bukan tentang Jokowi lengser maupun kondisi terkini dari Jokowi. = = = = = KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content = = = = = SUMBER: YouTube https://archive.ph/k1K2o = = = = = NARASI: “berita viral hari ini ~ DETIK2 JKW MENJEMPUT ADZAB, TAK HANYA LENGSER, KONDISINYA MENGENASKAN” = = = = = PENJELASAN: Kanal YouTube “Kabar Akurat” mengunggah sebuah video dengan judul “berita viral hari ini ~ DETIK2 JKW MENJEMPUT ADZAB, TAK HANYA LENGSER, KONDISINYA MENGENASKAN” pada 4 September 2021. Video tersebut telah ditonton sebanyak 14.022 kali. Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut berisi kritik terhadap pemerintahan Jokowi, bukan berisi berita tentang Jokowi lengser maupun kondisi terkini dari Jokowi. Jokowi sendiri masih dalam kondisi baik dan terlihat aktif mengunggah apresiasi kepada atlet Indonesia di Paralimpiade melalui ak